Vaksin PMK Sudah Datang, Wagub Sumbar Ingin Seluruh Sapi Divaksinasi dalam Dua Hari

Minggu, 26 Juni 2022 – 07:35 WIB
Vaksin PMK Sudah Datang, Wagub Sumbar Ingin Seluruh Sapi Divaksinasi dalam Dua Hari - JPNN.com Sumbar
Gerakan vaksinasi ini sudah dimulai pada Jumat (24/6) ditandai dengan penyerangan 4.200 dosis vaksin PMK dan obat-obatan oleh Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Kementerian Pertanian, Tri Melasari kepada Wagub Sumbar Audy Joinaldy. Foto: Sumbarprov

sumbar.jpnn.com, PADANG - Pemprov Sumbar mencanangkan vaksinasi sapi yang terpapar penyakit mulut dan kuku.

Gerakan vaksinasi ini sudah dimulai pada Jumat (24/6) ditandai dengan penyerangan 4.200 dosis vaksin PMK dan obat-obatan oleh Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Kementerian Pertanian, Tri Melasari kepada Wagub Sumbar Audy Joinaldy.

Vaksinasi ini akan difokuskan ke daerah kantong peternakan dan sapi perah seperti Padang Panjang, Agam, Solok, dan Solok Selatan.

Audy Joinaldy mengatakan vaksinasi ini penting untuk mencegah penularan PMK.

"Meski kasus PMK di Sumbar tak tergolong parah, Pemprov Sumbar tetap memberikan perhatian khusus agar situasi tidak memburuk," kata Audy Joinaldy.

cPopulasi sapi perah di Sumbar memang tidak terlalu banyak. Dia meyakini dengan 700 dosis vaksin sudah cukup untuk mencegah penularan PMK.

Namun, Pemprov Sumbar dan jajaran perlu memastikan seluruh sapi indukan dan bantuan tervaksin 100 persen dalam dua hari.

"Sapi perah ini nilai ekonomisnya sangat tinggi. Jadi, pastikan dalam dua hari semuanya sudah tervaksin," kata Audy Joinaldy.

Pemprov Sumbar mencanangkan vaksinasi sapi yang terpapar penyakit mulut dan kuku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News