GenarsihSehati Dipercaya Mampu Mengurangi Volume Sampah Dharmasraya

Minggu, 17 Juli 2022 – 21:54 WIB
GenarsihSehati Dipercaya Mampu Mengurangi Volume Sampah Dharmasraya - JPNN.com Sumbar
Demi mengurangi volume sampah, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya membentuk Gerakan Nagari Bersih Sehat, Teduh, dan Indah (GenarsihSehati). Foto: ANTARA/Muhammad Zulfikar

sumbar.jpnn.com, DHARMASRAYA - Demi mengurangi volume sampah, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya membentuk Gerakan Nagari Bersih Sehat, Teduh, dan Indah (GenarsihSehati).

Pelaksana tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dharmasraya, Silaturahmi, berharap program itu mampu mengedukasi masyarakat agar mengelola sampah dimulai dari lingkungan rumah tangga.

Langkah awal dari gerakan itu akan dimulai dari Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung.

"Kami berharap GenarsihSehati ini dapat mengurangi sampah," kata Silaturahmi.

Nagari Sungai Duo dipilih sebagai tahap awal penerapan GenarsihSehati karena masyarakat di kawasan itu ada yang mengelola sampah secara mandiri.

Kemandirian itu akhirnya melahirkan tempat pembuangan sampah sementara atau lokasi pemilahan secara sederhana sebelum dibawa ke TPA.

GenarsihSehati ini sudah dituangkan ke dalam Surat Edaran Nomor 188.55/183/SE/DLH-2022 tentang peningkatan peran pemerintah nagari dalam pengolaan sampah di Kabupaten Dharmasraya.

"Demi mendukung gerakan ini, kami sudah mengeluarkan SE. Kami mengundang perwakilan nagari untuk mengikuti sosialisasi mengenai edaran ini," terangnya.

Demi mengurangi volume sampah, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya membentuk Gerakan Nagari Bersih Sehat, Teduh, dan Indah (GenarsihSehati).
Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News