Paninjauan Baralek Gadang Masuk Kalender Iven Tahunan Tanah Datar

Jumat, 19 Agustus 2022 – 20:41 WIB
Paninjauan Baralek Gadang Masuk Kalender Iven Tahunan Tanah Datar - JPNN.com Sumbar
Pekan Budaya Paninjauan Baralek Gadang (PBG) 2022 di Kecamatan X Kota, Tanah Datark, dimeriahkan ribuan warga. Foto: antara

sumbar.jpnn.com, TANAH DATAR - Pekan Budaya Paninjauan Baralek Gadang (PBG) 2022 di Kecamatan X Kota, Tanah Datark, dimeriahkan ribuan warga.

Kegiatan itu dilaksanakan di Desa Adat Paninjauan, Kecamatan X Kota, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, dari 17 sampai 20 Agustus 2022.

Ketua Panitia PBG Firdaus mengatakan kegiatan diawali dengan pawai alegoris yang diikuti 2.000 peserta.

Peserta pawai ini disebut dengan Arak Iriang yang diiringi drumband Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) tujuh masjid di nagari tersebut.

"Alhamdulillah pawai ini berlangsung semarak dan pesertanya 100 persen dari Anak Nagari. Kami sangat antusias," kata Firdaus.

Dia menceritakan biasanya setiap pawai 17 Agustus, warga biasanya pergi ke Kota Padang Panjang.

Akan tetapi, warga Tanah Datar tak perlu lagi ke Serambi Mekkah karena sudah digelar di desa sendiri bahkan menjadi bagian dalam kegiatan.

"Setidaknya salah satu tujuan kami mengadakan acara ini untuk menghibur dan membuat masyarakat senang sudah tercapai," ujarnya.

Pekan Budaya Paninjauan Baralek Gadang (PBG) 2022 di Kecamatan X Kota, Tanah Datar, dimeriahkan ribuan warga.
Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News