Ganjar Pranowo Mau Alokasi Wajib Anggaran Kesehatan Sebesar Lima sampai 10 Persen dari APBN

Senin, 05 Februari 2024 – 07:23 WIB
Ganjar Pranowo Mau Alokasi Wajib Anggaran Kesehatan Sebesar Lima sampai 10 Persen dari APBN - JPNN.com Sumbar
Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo berbicara dalam Debat Kelima Capres Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam. Foto: Ricardo/JPNN.com

sumbar.jpnn.com, JAKARTA - Ganjar Pranowo mau menerapkan kembali alokasi wajib anggaran untuk kesehatan sebesar lima sampai sepuluh persen dari APBN.

Capres nomor urut 3 itu menilai alokasi anggaran kesehatan tersebut merupakan salah satu aspek penting untuk meningkatkan angka harapan hidup di Indonesia.

Berdasarkan catatan World Population Prospects 2022, angka harapan hidup Indonesia berada di urutan ke-10 dari 11 negara ASEAN.

"Ini penting dikembalikan. Angka lima sampai 10 persen ini bisa memastikan pelayanan yang lebih baik," kata Ganjar dalam debat Pamungkas Capres 2024 di Jakarta Convention Center, Minggu (4/2).

Ganjar meyakini pemerintahannya nanti apabila terpilih sangat siap mendampingi sektor kesehatan untuk memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia.

Di samping itu, langkah promotif dan preventif harus diwujudkan oleh setiap warga negara seperti berolahraga, mengonsumsi makanan sehata, dan gaya hidup sehat.

Selanjutnya, pemerintahan Ganjar-Mahfud MD akan menyediakan fasilitas kesehatan sampai ke tingkat desa.

"Kami akan memberikan fasilitas kesehatan sampai ke tingkat desa seperti satu desa satu faskes dan satu nakes," ucapnya.

Ganjar Pranowo mau menerapkan kembali alokasi wajib anggaran untuk kesehatan sebesar lima sampai sepuluh persen dari APBN.
Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia