Danau Maninjau Bakal Dijasikan Kawasan Konservasi Wetland

Kamis, 02 Juni 2022 – 08:09 WIB
Danau Maninjau Bakal Dijasikan Kawasan Konservasi Wetland - JPNN.com Sumbar
Panorama Danau Maninjau dari Kelok 44. FOTO : jpnn

sumbar.jpnn.com, MANINJAU - Danau Maninjau bakal dikembangan sebagai kawasan konservasi wetland (rasau) berkonsep ekowisata.

Pembuatan wetland di Danau Maninjau ini merupakan pilihan yang tepat karena mampu memberikan banyak dampak positif.

Selain menjamin keanekaragaman hayati, wetland bisa menjadi pendukung pariwisata Kabupaten Agam, mengurangi keramba jaring apung, pengendalian hama, hingga menyediakan pencarian alternatif bagi masyarakat.

Pada Wetland ini akan ditanami enceng gondok. Masyarakat bisa memanfaatkan enceng gondok yang tumbuh untuk dijadikan kerajinan tangan.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menyampaikan pembuatan wetland ini merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan revitalisasi Danau Maninjau.

Saat ini permasalahan paling pokok ialah kurangnya mata pencarian alternatif bagi masyarakat yanglebih ramah terhadap lingkungan.

"Pembuatan wetland ini bakal disertai pelatihan pengolahan nceng gondok menjadi kerajinan tangan sehingga keanekaragaman hayati bia terjaga dan menjadi mata pencarian baru untuk masyarakat," sebut Audy Joinaldy.

Pemerintah provisi (Pemprov) Sumbar dan Pemkab Agam mengganden PT Semen Padang dan PLN untuk pembuatan wetland ini. (Mar9/Jpnn)

Danau Maninjau bakal dikembangan sebagai kawasan konservasi wetland (rasau) berkonsep ekowisata.

Redaktur & Reporter : Ade Keno

Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia