Pertolongan Pertama kepada Manusia untuk Mencegah Virus Rabies

Minggu, 09 Oktober 2022 – 19:29 WIB
Pertolongan Pertama kepada Manusia untuk Mencegah Virus Rabies - JPNN.com Sumbar
Kepala bidang (Kabid) Kesehatan Hawan Peliharaan Dinas Pertanian Kota Padang Sofia Hariani mengatakan ada beberapa langkah pertolongan pertama untuk mencegah penularan virus rabies. Foto: Fachri Hamzah/jpnn.

sumbar.jpnn.com, PADANG - Gigitan hewan yang terpapar rabies sangat berbahaya bagi manusia.

Dampaknya bisa peradangan, gangguan pada otak dan sumsum tulang belakang hingga kematian.

Kepala bidang (Kabid) Kesehatan Hawan Peliharaan Dinas Pertanian Kota Padang Sofia Hariani mengatakan ada beberapa langkah pertolongan pertama untuk mencegah penularan virus rabies.

"Pertolongan pertama ini harus dilakukan untuk menekan virus agar tidak tersebar ke seluruh tubuh setelah mengalami gigitan," kata Sofia.

Pertolongan pertama yang harus dilakukan ialah membasuh luka gigitan hewan dengan air mengalir selama 10 menit.

Cuci luka tersebut dengan sabun pencuci pakaian. Hal ini bertujuan untuk menekan dan melumpuhkan virus yang ingin masuk ke dalam tubuh.

Setelah dibasuh, luka bekas gigitan tersebut diberi obat luka.

"Jika upaya tersebut sudah dilakukan, maka silahkan melanjutkan pengobatan ke puskesmas atau puskeswan terdekat," kata Sofia.

Bagi masyarakat yang terkena gigitan hewan peliharaannya ada beberapa langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan.
Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News