Pemkab Tanah Datar Yakin Target Panen Padi pada 2023 Tercapai

Kamis, 28 Desember 2023 – 15:37 WIB
Pemkab Tanah Datar Yakin Target Panen Padi pada 2023 Tercapai - JPNN.com Sumbar
Ilustrasi panen padi. Foto: ANTARA/Dedhez Anggara

sumbar.jpnn.com, TANAH DATAR - Pemkab Tanah Datar optimistis produksi padi selama 2023 meningkat dan sesuai target yang ditetapkan yakni 306.861,59 ton.

Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tanah Datar Roni Wijaya mengatakan pada 2023 Kabupaten Tanah Datar mengalami surplus lahan seluas 1.276 hektare dibandingkan tahun lalu.

"Jika mengacu pada rentang waktu yang sama yakni Oktober, maka Tanah Datyyar sudah surplus lahan panen seluas 1.274 hektare. Insyallah target itu bisa dicapai," kata Roni.

Dia menjelaskan, untuk meningkatkan produksi padi di Tanah Datar, pihaknya sudah melakukan peningkatan Indeks Penanaman padi dengan mengubah perilaku masyarakat untuk bersedia melaksanakan tanam tiga kali setahun.

Selain itu, pihaknya juga rutin melakukan sosialisasi agar petani mengurangi ketergantungan terhadap pemakaian pupuk bersubsidi dan memanfaatkan pupuk organik.

Pettani juga didorong menggunakan bibit unggul atau benih bersertifikat agar produksi padi meningkat drastis.

"Tentu upaya tersebut didukung sarana dan prasarana seperti saluran irigasi dan air yang cukup dan bibit berkualitas," ungkapnya.

Selain itu, untuk mempercepat pengolahan lahan pertanian, Pemkab Tanah Datar turut melayani dengan layanan bajak sawah gratis.

Pemkab Tanah Datar optimistis produksi padi selama 2023 meningkat dan sesuai target yang ditetapkan yakni 306.861,59 ton.
Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia