Peringatan: Masyarakat Sumbar Perlu Mewaspadai Ancaman Sesar Sumatera

Minggu, 24 Maret 2024 – 13:47 WIB
Peringatan: Masyarakat Sumbar Perlu Mewaspadai Ancaman Sesar Sumatera - JPNN.com Sumbar
BMKG memperingatkan masyarakat khususnya di Sumbar untuk selalu menyiapkan langkah mitigasi dan mewaspadai ancaman sesar Sumatera. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

sumbar.jpnn.com, PADANG - BMKG memperingatkan masyarakat khususnya di Sumbar untuk selalu menyiapkan langkah mitigasi dan mewaspadai ancaman sesar Sumatera.

Kepala pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan ancaman sesar Sumatera ini sangat nyata dan sumber gempa terdapat di darat.

Selama ini, masyarakat dan pemerintah daerah di Sumbar lebih banyak fokus pada upaya mitigasi ancaman megathrust yang berpotensi tsunami.

Padahal, ada ancaman gempa yang bersumber di darat akibat sesar Sumatera.

"Ancaman gempa ini kapan saja bisa terjadi dan berpotensi menimbulkan banyak kerusakan," kata Rahmat Triyono.

Dia menjelaskan, apabila terjadi gempa yang bersumber di darat, maka kerusakan ditimbulkan bakal signifikan meski magnitudo tidak besar.

Cukup dengan magnitudo enam, kerusakan yang ditimbulkan bisa parah.

"Kami mengingatkan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan bahwa ancaman bencana tidak hanya terjadi di Pantai Utara Jawa atau Pantai Barat Sumatera. Namun, juga ada ancaman gempa yang nyata dari darat serta berpotensi menimbulkan korban," jelasnya.

BMKG memperingatkan masyarakat khususnya di Sumbar untuk selalu menyiapkan langkah mitigasi dan mewaspadai ancaman sesar Sumatera.
Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News