Keutamaan Waktu Pagi, Sumpah Allah dan Doa Rasulullah

Selasa, 21 Juni 2022 – 08:43 WIB
Keutamaan Waktu Pagi, Sumpah Allah dan Doa Rasulullah - JPNN.com Sumbar
Pagi merupakan waktu yang memiliki banyak keutamaan. Alquran dan hadis berulang kali mengungkapkan keutamaan bangun pagi. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/rwa.

sumbar.jpnn.com, PADANG - Pagi merupakan waktu yang memiliki banyak keutamaan. Al-Qur'an dan hadis berulang kali mengungkapkan keutamaan bangun pagi.

Allah bersumpah bersumpah pada waktu pagi, di dalam surat Al fajr (demi waktu fajar), demi waktu dhuha (Ad Dhuha), dan demi waktu subuh (At Takwir).

Seluruh sumpah itu merujuk dan menguatkan keutamaan waktu pagi.

Seorang bijak yang namanya termaktub di dalam Al-Qur'an Luqman Al Hakim pernah memberikan nasihat kepada putranya.

"Wahai anakku, jangan sampai ayam jantan lebih cerdas daripada dirimu. Ia berkokok pada akhir malam, sementara engkau tertidur pulas." (Kitab Ayuhal Walad karya Abu Hamid Al-Ghazali)

Ayam merupakan makhluk Allah yang tidak dikaruniai akal. Namun, ayam selalu berkokok pada pagi hari, membangun makhluk lainnya untuk mencari nafkah yang halal.

Manusia yang memiliki kemuliaan di atas malaikat bisa lebih hina dari binatang.

Jika manusia bertakwa, maka kemuliaannya lebih tinggi dari malaikat.

Pagi merupakan waktu yang memiliki banyak keutamaan. Al-Qur'an dan hadis berulang kali mengungkapkan keutamaan bangun pagi.
Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News