Keutamaan Hari Jumat, Ada Jaminan Allah

Jumat, 15 Juli 2022 – 20:10 WIB
Keutamaan Hari Jumat,  Ada Jaminan Allah - JPNN.com Sumbar
Barang siapa yang melakukan transaksi pada hari Jumat sesudah melaksanakan salat, maka Allah memberkahi jual belinya sebanyak 70 kali. Foto: Antara

sumbar.jpnn.com, PADANG - Hari Jumat diyakini memiliki banyak keistimewaan dalam Islam.

Umat Islam meyakini hari Jumat sebagai Sayyidul Ayyam atau penghulunya hari.

Amalan seperti membaca Al-Qur'an, zikir, dan sebagainya banyak dikerjakan pada hari ini.

Lalu, apa saja keutamaan hari Jumat ini.

1. Perintah ibadah pada hari Jumat.

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui (QS Al Jumu'ah:9).

Orang-orang yang beriman diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat. Tafsir Ibnu Katsir menjelaskan seruan ini berupa azan saat Rasulullah sudah berdiri di atas mimbar. Seluruh umat Islam ketika itu mendatangi masjid untuk melaksanakan salat.

Kemudian ada kata 'bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli', maknanya umat Islam dilarang melakukan transaksi selama seruan terdengar.

Barang siapa yang melakukan transaksi pada hari Jumat sesudah melaksanakan salat, maka Allah memberkahi jual belinya sebanyak 70 kali.
Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia