Nama Buya Syafii Maarif Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Sabtu, 22 Oktober 2022 – 14:32 WIB
Nama Buya Syafii Maarif Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional - JPNN.com Sumbar
Universitas Muhammadiyah (UM) Sumbar dan Pemda Sijunjung mengusulkan Buya Syafii Maarif mendapatkan gelar pahlawan nasional. Foto: Antara

sumbar.jpnn.com, PADANG - Universitas Muhammadiyah (UM) Sumbar dan Pemda Sijunjung mengusulkan Buya Syafii Maarif mendapatkan gelar pahlawan nasional.

Rektor UM Sumbar Riki Saputra dan Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah sepakat akan menyusun naskah akademik terkait Buya Syafii.

Riki mengatakan akademisi Muhammadiyah bersama masyarakat dan Pemda Sijunjung siap mewujudkan Buya Syaffi sebagai pahlawan nasional.

"Buya Syafii tidak saja milik daerah Sijunjung dan Muhammadiyah. Beliau guru bangsa dan cendekiawan dunia yang berkontribusi di bidang keilmuan, agama, budaya, dan kebangsaan," kata Riki.

UM Sumbar sudah mengabadikan Ahmad Syafii Maarif sebagai nama Conventional Hall di Kampus Padang.

Selain itu, UM Sumbar juga merintis museum Rumah Kecil Buya syafii Maarif di Sumpur kudus.

Wakil bupati Sijunjung Iraddatillah menegaskan pihaknya yang paling bertanggung jawab dalam pengajuan Buya Syafii Maarif sebagai pahlawan nasional.

Sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan, bahwa dalam setiap pengajuan seorang tokoh sebagai pahlawan nasional harus memenuhi kriteria dan persyaratan umum serta admnistrasi.

Universitas Muhammadiyah (UM) Sumbar dan Pemda Sijunjung mengusulkan Buya Syafii Maarif mendapatkan gelar pahlawan nasional.
Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News