Dosen UIN Imam Bonjol Padang Ungkap Penyebab Munculnya Sikap Intoleran

Senin, 23 Oktober 2023 – 19:51 WIB
Dosen UIN Imam Bonjol Padang Ungkap Penyebab Munculnya Sikap Intoleran - JPNN.com Sumbar
Pakar Komunikas dan Media Baru UIN IB Padang mengimbau mahasiswa untuk menulis di media massa tentang moderasi beragama. Foto: UIN IB Padang

sumbar.jpnn.com, PADANG - Dosen UIN Imam Bonjol Padang Muhammad Nasir menyebut sikap intoleran muncul dari cara berpikir yang sempit atas kenyataan empirik kehidupan.

Nasir mengungkapkan hal ini saat Seminar Rumah Moderasi Beragama bertajuk Mahasiswa Moderat Era Digital yang digagas UIN Imam Bonjol Padang di Hotel Grand Zuri, Padang.

"Ketika beragama dimulai dari ruang pikir yang sempit, maka akan menumbuhkan perbedaan daripada mencari titik temu," kata Nasir.

Dia menyebut situasi seperti ini sudah acap terjadi di Indonesia.

Banyak yang beragama namun menolak perbedaan.

Masyarakat akhirnya terpola dan berujung pada perpecahan.

Hal ini, menurutnya, harus diantisipasi dengan berpikir cerdas dan menonjolkan sikap toleransi terhadap perbedaan.

"Sikap egois dalam beragama hadir karena tidak ada akses menggali perbedaan," ucap kandidat Doktor Sejarah Peradaban Islam UIN Imam Bonjol Padang itu.

Dosen UIN Imam Bonjol Padang Muhammad Nasir menyebut sikap intoleran muncul dari cara berpikir yang sempit atas kenyataan empirik kehidupan.
Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia