Bupati Agam Imbau Warga untuk Waspada terhadap Potensi Lahar dari Gunung Marapi

Rabu, 10 Januari 2024 – 20:25 WIB
Bupati Agam Imbau Warga untuk Waspada terhadap Potensi Lahar dari Gunung Marapi - JPNN.com Sumbar
Bupati Agam Andri Warman mengimbau warga yang bermukim di sekitar lembah dan aliran sungai yang berhulu ke gunung Marapi untuk selalu waspada. . Foto: source for JPNN

sumbar.jpnn.com, AGAM - Bupati Agam Andri Warman mengimbau warga yang bermukim di sekitar lembah dan aliran sungai yang berhulu ke gunung Marapi untuk selalu waspada.

Imbauan itu dia sampaikan karena gunung Marapi berpotensi mengeluarkan lahar pada musim hujan.

"warga yang tinggal di sekitar gunung Marapi harus waspada. Cari lokasi aman saat potensi itu terjadi," kata Andri Warman.

Dia juga menegaskan agar pendaki, wisatawan, dan warga sekitar gunung Marapi untuk menjauhi radius 4,5 kilometer dari kawah.

Jika terjadi hujan abu, maka warga harus menggunakan masker, penutup hidung, dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernapasan.

Kalau perlu, lanjutnya, warga menggunakan perlengkapan lain untuk menutupi mata dan kulit.

"Jaga sarana air bersih dan selalu membersihkan atap dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh," sebutnya.

Sebelumnya, PVMBG menaikkan level gunung Marapi dari waspada menjadi siaga pada Selasa (9/1) pukul 18.00 WIB. (antara/jpnn)

Bupati Agam Andri Warman mengimbau warga yang bermukim di sekitar lembah dan aliran sungai yang berhulu ke gunung Marapi untuk selalu waspada.

Redaktur & Reporter : Ade Keno

Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News