4 Pesan Tersirat dari Koalisi PAN, Golkar, dan PPP

Sabtu, 14 Mei 2022 – 15:02 WIB
4 Pesan Tersirat dari Koalisi PAN, Golkar, dan PPP - JPNN.com Sumbar
Para pimpinan dari Golkar, PAN, dan PPP sepakat membentuk koalisi Indonesia Barsatu menjelang Pilpres 2024. Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/pras

sumbar.jpnn.com, JAKARTA - Sepakat, tiga partai besar membentuk koalisi Indonesia bersatu.

Ketiga partai itu adalah Golkar, PAN, dan PPP. Ketiganya diyakini akan memberikan warna baru pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Pertemuan ketiga partai itu sangat potensial memberikan warna baru. Pilpres 2024 bisa berbeda dengan yang pernah terjadi pada 2019," kata Pengamat politik Nyarwi Ahmad, Sabtu (14/5).

Ada empat pesan tersirat dari koalisi Indonesia Bersatu.

Pertama, koalisi tiga partai ini tidak memiliki tokoh populer dengan tingkat elektabilitas yang dapat diandalkan untuk memenangkan Pilpres 2024.

Kondisi ini akan memberikan dua konsekuensi bagi tokoh yang populer dan memiliki elektabilitas.

Konsekuensi pertama adalah peluang besar akan muncul jika calon presiden tidak berasal dari ketua umum ketiga partai tersebut.

Jika dipaksakan dari pemimpin atau tokoh dari ketiga partai tersebut, maka peluang memenangkan Pilpres 2024 akan lenyap.

Koalisi PAN, PPP, dan Golkar diyakini memberikan warna baru pada Pilpres 2024
Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News