Legislator Yakin Jika Hal Ini Dilakukan Harga Minyak Goreng Bisa Turun

Senin, 30 Mei 2022 – 13:43 WIB
Legislator Yakin Jika Hal Ini Dilakukan Harga Minyak Goreng Bisa Turun - JPNN.com Sumbar
Legislator meyakini harga minyak goreng bisa turun dengan HET di bawah Rp 14 ribu per liter. Ilustrasi Foto: Wenti Ayu/JPNN.com

sumbar.jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR Amin Ak meyakini harga minyak goreng bisa diturunkan jika pemerintah mengaudit perusahaan produsen sawit pada Juni 2022 secara transparan dan tepat.

"Jangan-jangan dengan audit transparan dan bebas dari kepentingan, HET bisa di bawah Rp 14 ribu per liter. Ini harus dibuktikan lewat audit tersebut," kata Amin Ak, Senin (30/5).

Amin menyarankan audit sebaiknya dilakukan dengan menjadikan sisi konsumsi sebagai patokan.

Artinya pemerintah harus menetapkan patokan harga jual minyak goreng dan jumlah kebutuhan.

Ketetapan yang harus diberlakukan adalah aturan mengenai HET sebesar Rp 14 ribu per liter dan jumlah kebutuhan mencapai 10 juta ton minyak sawit mentah.

Menurutnya, dua hal ini bisa membongkar berapa biaya produksi dan margin keuntungan yang wajar untuk memproduksi satu liter minyak goreng.

"Jika mekanisme audit transparan dan bebas kepentingan itu dilakukan, maka kecurigaan masyarakat selama ini akan terjawab," sebutnya. (antara/jpnn)

Anggota Komisi VI DPR Amin Ak meyakini harga minyak goreng bisa diturunkan jika pemerintah mengaudit perusahaan produsen sawit pada Juni 2022 secara transparan

Redaktur & Reporter : Ade Keno

Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia