Sebanyak 30 Pesilat Menuntaskan Pelajaran Silek Pingian

Kamis, 07 Juli 2022 – 21:23 WIB
Sebanyak 30 Pesilat Menuntaskan Pelajaran Silek Pingian - JPNN.com Sumbar
Sebanyak 30 pesilat dari Sumbar, Riau, dan Jambi menuntaskan pelajaran silat Pingian dari maestronya langsung, Zainir Dato, di Dharmasraya.. Foto: antara

sumbar.jpnn.com, DHARMASRAYA - Sebanyak 30 pesilat dari Sumbar, Riau, dan Jambi menuntaskan pelajaran silat Pingian dari maestronya langsung, Zainir Dato, di Dharmasraya.

Silek Pingian adalah jenis silat Indonesia yang tidak hanya berfokus pada bela diri, tetapi memiliki aspek pengobatan dan tasawuf.

Mereka sudah belajar selama sepekan, mulai dari teor hingga praktik. bahkan ada juga ujian tertulis serta penampilan dramaturgi berupa gerakan silat beregu.

"Selepas kegiatan ini, kami berharap para pesilat memelopori dan melestarikan seni budaya Pingian," kata Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendibudristek Judi Wahjudin.

Setelah sepekan kegiatan, para pesilat melaksanakan ujian tertulis untuk mengetahui sejauh mana ilmu yang diberikan diterima.

Kemudian, pesilat tersebut akan mempraktikkan gerakan silat yang sudah diajarkan Maestro Silat Pingian Zainir Dato.

Sebanyak 30 pesilat dibagi menjadi lima kelompok dan menampilkan gerakan Silek Beregu yang merupakan andalan Pingian terobosan baru.

Sebelumnya, Silek Pingian Rantau Batanghari hanya menampilkan gerakan silat berpasangan.

Sebanyak 30 pesilat dari Sumbar, Riau, dan Jambi menuntaskan pelajaran silat Pingian dari maestronya langsung, Zainir Dato, di Dharmasraya.
Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia