Pemkab Kepulauan Mentawai Minta Kecamatan Memfasilitasi Forum Anak

Selasa, 27 September 2022 – 20:20 WIB
Pemkab Kepulauan Mentawai Minta Kecamatan Memfasilitasi Forum Anak - JPNN.com Sumbar
Pemkab Kepulauan Mentawai membentuk dan meningkatkan kapasitas pengurus forum anak kecamatan sebagai pelopor perlindungan anak. Foto: Antara

sumbar.jpnn.com, MENTAWAI - Pemkab Kepulauan Mentawai membentuk dan meningkatkan kapasitas pengurus forum anak kecamatan sebagai pelopor perlindungan anak.

Pembentukan pengurus forum anak kecamatan itu dilaksanakan pada dua kecamatan, yakni Siberut Utara dan Siberut Barat Daya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinsos P3A Mentawai Yosepha Yeni Sapatundai mengatakan kedua kecamatan ini hanya dapat dilalui menggunakan speed boat melalui selat bunga laut dan Bandar Monaci.

Jarak tempuh untuk sampai di kedua kecamatan itu memakan waktu berjam-jam.

"Ini pertama kali kami membentuk forum anak kecamatan di Pulau Siberut. Di sana kami membentuk dan meningkatkan pemahaman pengurus forum anak," kata Yosepha.

Di sisi lain, setiap pembahasan perencanaan pembangunan di tingkat kecelatan suara dari forum anak harus dituangkan dalam dokumen perencanaan pembangunan untuk menjamin hak partisipasi mereka.

"Kami melakukan semua ini untuk mengoptimalkan penyelenggaraan program nasional perlindungan anak," ucapnya. (antara/jpnn)Dia menegaskan pihaknya sudah memfasilitasi pembentukan forum anak di Kecamatan Sipora Selatan, Desa Sipora Jaya, Desa bukit Pamewa, Sido Makmur, Siberut Selatan, dan Siberut Barat Daya.

"Selanjutnya, kami akan memfasilitasi pembentukan forum anak kecamatan Sikakap," lanjutnya.

Pemkab Kepulauan Mentawai membentuk dan meningkatkan kapasitas pengurus forum anak kecamatan sebagai pelopor perlindungan anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News