WTBO Sawahlunto Bakal Jadi Daya Tarik Wisata Sumbar

Senin, 24 Oktober 2022 – 19:52 WIB
WTBO Sawahlunto Bakal Jadi Daya Tarik Wisata Sumbar - JPNN.com Sumbar
Warisan Tambang Batu Bara Ombilin (WTBO) di Kota Sawahlunto bakal dijadikan salah satu daya tarik wisata budaya di Sumbar. Foto: Antara

sumbar.jpnn.com, SAWAHLUNTO - Warisan Tambang Batu Bara Ombilin (WTBO) di Kota Sawahlunto bakal dijadikan salah satu daya tarik wisata budaya di Sumbar.

Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Dispar Sumbar Doni Hendra menyebut WTBO Sawahlunto telah ditetapkan sebagai warisan dunia UNESCO bidang Heritage pada 2019.

Pihaknya saat ini sedang merancang pola perjalanan wisata untuk memperkuat posisi objek wisata untuk meningkatkan kunjungan.

WTBO Sawahlunto meliputi tujuh kabupaten dan kota yaitu Sawahlunto, Padang, Solok, Padang Panjang, Kabupaten Solok, Tanah Datar, dan Padang Pariaman.

"Kehadiran WTBO Sawahlunto bisa mengintegrasikan potensi pariwisata dengan potensi ekonomi serta sosial budaya di semua jalur yang dilewati," kata Doni.

Nilai jual utama WTBO Sawahlunto ini adalah bekas pertambangan batu bara beserta infrastruktur pendukungnya seperti kota tambang.

Selain itu ada juga fasilitas perkeretaapian untuk mengangkut hasil tambang dan gudang penyimpanan batu bara dan keragaman budaya masyarakat.

"Sebagai kawasan heritage, ini menjadi salah satu wisata edukasi yang dijual sehingga perlu menyusun story telling tentang potensi wisata dan budaya sepanjang jalur WTBO Sawahlunto,' tutupnya. (antara/jpnn)

Warisan Tambang Batu Bara Ombilin (WTBO) di Kota Sawahlunto bakal dijadikan salah satu daya tarik wisata budaya di Sumbar.

Redaktur & Reporter : Ade Keno

Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia