Peneliti Sebut WTBO Sawahlunto Bisa Jadi Produk Andalan Destinasi Wisata Sumbar

Senin, 24 Oktober 2022 – 21:43 WIB
Peneliti Sebut WTBO Sawahlunto Bisa Jadi Produk Andalan Destinasi Wisata Sumbar - JPNN.com Sumbar
Peneliti Pariwisata dari Universitas Bina Nusantara Teguh Amor Patria menilai Warisan Tambang Batu Bara Ombilin (WTBO) Sawahlunto menjadi produk andalan destinasi wisata Sumbar. Foto: kebudayaan.kemdikbud

sumbar.jpnn.com, SAWAHLUNTO - Peneliti Pariwisata dari Universitas Bina Nusantara Teguh Amor Patria menilai Warisan Tambang Batu Bara Ombilin (WTBO) Sawahlunto menjadi produk andalan destinasi wisata Sumbar.

Teguh mengatakan pihaknya sedang menyusun pola perjalanan wisata ke WTBO Sawahlunto.

Pola itu digunakan untuk mengidentifikasi potensi yang dapat dikembangkan di tempat yang menjadi bagian jalur sejarah tersebut.

"Jika pola perjalanan dan narasi soal WTBO Sawahlunto telah tersusun, maka akan lebih mudah mengidentifikasi segmen pasar dan target wisatawan yang dibidik," kata Teguh.

Pola yang sudah disusun ialah delapan sub tema perjalanan ke WTBO Sawahlunto yaitu ekspedisi dan eksploitasi batu bara serta transportasi kereta api industri.

Selain itu, pembangunan dan pengembangan infrastruktur batu bara dan fasilitas pendukung tambang.

Kemudian, aktivitas penambangan batu bara hingga jejak kehidupan baruh serta keberagaman etnis dan dinamika.

Teguh mengemukakan segmen yang dibidik WTBO Sawahlunto ialah wisatawan nusantara seperti dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Jambi, Riau, Bengkulu, dan Sumatera Selatan.

Peneliti Pariwisata dari Universitas Bina Nusantara Teguh Amor Patria menilai WTBO Sawahlunto menjadi produk andalan destinasi wisata Sumbar.
Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia