Alat Canggih Ini Bisa Menentukan Terapi yang Tepat untuk Pasien Kanker

Kamis, 08 Desember 2022 – 09:35 WIB
Alat Canggih Ini Bisa Menentukan Terapi yang Tepat untuk Pasien Kanker - JPNN.com Sumbar
Roche dan anak perusahaannya, Foundation Medicine Inc (FMI) sudah bekerja sama dengan PT Kalbe Farma Tbk melalui KALGen Innolab dalam meluncurkan layanan pemeriksaan Comprehensive Genomic Profiling (CGP) dengan teknologi Next Generation Sequencing (NGS). Foto: Antara

sumbar.jpnn.com, PADANG - Kini terapi kanker sudah bisa dilakukan di Indonesia.

Roche dan anak perusahaannya, Foundation Medicine Inc (FMI) sudah bekerja sama dengan PT Kalbe Farma Tbk melalui KALGen Innolab.

Kerja sama sama ini meluncurkan layanan pemeriksaan Comprehensive Genomic Profiling (CGP) dengan teknologi Next Generation Sequencing (NGS).

Layanan pemeriksaan itu dapat membantu menentukan terapi terbaik bagi pasien kanker sesuai dengan pemetaan genomik tumor pada pasien.

Ada dua tipe pemeriksaan pada teknologi ini.

Pertama, FoundationOne CDx. Tipe ini dapat mengindikasikan semua jenis kanker tumor dengan menganalisis sampel DNA.

Kedua, FoundationOne Heme. Tipe ini dapat mengindikasikan kelainan hematologi dan sarkoma pada semua stadium dengan menganalisis DNA dan RNA pasien.

Selain itu, kedua tipe ini bisa dikatakan mampu mendeteksi secara komprehensif mutasi pada lebih dari 300 gen yang berhubungan dengan pertumbuhan kanker.

Roche dan anak perusahaannya, Foundation Medicine Inc (FMI) sudah bekerja sama dengan PT Kalbe Farma Tbk melalui KALGen Innolab.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News