Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat Melibatkan Ormas untuk Mengawasi Pemilu 2024

Jumat, 30 September 2022 – 16:21 WIB
Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat Melibatkan Ormas untuk Mengawasi Pemilu 2024 - JPNN.com Sumbar
Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat melibatkan organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024. Foto: Antara

sumbar.jpnn.com, PASAMAN BARAT - Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat melibatkan organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat Erma Patria mengatakan pihaknya sengaja melibatkan ormas untuk meminimalisir pelanggaran.

"Ormas ini merupakan pengawas partisipatif. Kami juga melibatkan tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan, kelompok pengajian, tokoh adat, perguruan tinggi, dan wali nagari," kata Emra.

Dia menjelaskan ormas yang dilibatkan di antaranya Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, KNPI, GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah, alumni sekolah kader pengawasan, dan lainnya.

Ormas akan terlibat untuk mengawasi pemilu secara partisipatif sehingga masyarakat bebas menggunakan hak pilih menentukan pemimpin yang diinginkan.

"Mereka dapat melaporkan dugaan atau mencegah terjadinya pelanggaran," ujarnya.

Emra memastikan pihaknya sudah melakukan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif terhadap kelompok masyarakat tertentu.

Dia berharap masyarakat dapat berpartisipasi dalam mengawasi untuk mencegah terjadinya pelanggaran dalam pemilu. (antara/jpnn)

Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat melibatkan organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024.

Redaktur & Reporter : Ade Keno

Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News