Menarik, Mentawai Bakal Punya Pembangkit Listrik dengan Bahan Baku Kayu Kaliandra

Sabtu, 09 Juli 2022 – 20:11 WIB
Menarik, Mentawai Bakal Punya Pembangkit Listrik dengan Bahan Baku Kayu Kaliandra - JPNN.com Sumbar
Haryadi meyampaikan rencana pembangkit listrik tenaga bio energi di Mentawai menggunakan energi baru terbarukan dari tanaman Kaliandra.. Foto: Antara

sumbar.jpnn.com, MENTAWAI - Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menerima tamu dari Jepang di Istana Gubernuran Sumatera Barat, Sabtu (9/7).

Tamu tersebut merupakan investor, pengusaha, dan egiat pendidikan serta pariwisata.

Mereka adalah KPotaro Matsuzaki, Hidayat Hanawa, dan Haryadi Budi Susanto.

Mahyeldi bersama ketiga orang itu berbicara hingga tiga jam membahas program pembangunan dan kerja sama pembangkit listrik tenaga bio energi di Kabupaten Kepulauan Metawai, pengembangan objek wisata Taman Hutan Raya Bung Hatta, dan pengiriman tenaga kerja dari Sumbar ke Jepang.

Haryadi meyampaikan rencana pembangkit listrik tenaga bio energi di Mentawai menggunakan energi baru terbarukan dari tanaman Kaliandra.

Dia menilai sumber olahan palet dari kayu kaliandra digadang-gadangi bisa menjadi bahan energi baru terbarukan (EBT) biomassa pembangkit listrik hingga 10 Megawatt.

Tahap awal, pembangkit listrik bio energi ini akan dikembangkan di lahan seluas tiga ribu hektar sebagai inti.

"Kaliandra itu bagus sekali dan sudah ada hasil penelitiannya dari LIPI. Bunganya disukai lebah daunnya juga bagus untuk ternak, dan kayunya bisa dimanfaatkan sebagai sumber bio energi," kata Haryadi.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menerima tamu dari Jepang di Istana Gubernuran Sumatera Barat, Sabtu (9/7).
Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia