Rentetan Gempa di Mentawai Dinilai Bisa Memicu Guncangan Megatrush 8.9 Magnitudo

Senin, 12 September 2022 – 09:11 WIB
Rentetan Gempa di Mentawai Dinilai Bisa Memicu Guncangan Megatrush 8.9 Magnitudo - JPNN.com Sumbar
Kepala Stasiun I Geofisika BMKG Padang Panjang Suadi Ahadi menyebut rentetan gempa di Mentawai bisa memicu guncangan 8.9 magnitudo. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

sumbar.jpnn.com, MENTAWAI - Kepala Stasiun I Geofisika BMKG Padang Panjang Suadi Ahadi menyebut rentetan gempa di Mentawai bisa memicu guncangan 8.9 magnitudo.

"Gempa yang terjadi dari pagi hingga pukul 12.00 WIB pada Minggu (11/9) itu dapat memicu bangkitnya guncangan Megathrust Mentawai dengan kekuatan 8.9 magnitudo," kata Suadi.

Jika gempa itu terjadi, maka akan berpotensi tsunami dan berdampak ke Mentawai, Pesisir pantai barat Sumatera, dan Kota Padang.

Suadi mengimbau potensi ini ditanggapi serius dengan meningkatkan kewaspadaan.

"Literasi masyarakat terhadap kebencanaan juga harus diperkuat," ucapnya.

Suadi juga meminta masyarakat agar terus berhati-hati dan meningkatkan kesadaran terhadap gempa, potensi tsunami, dan pengetahuan terkait proses evakuasi mandiri.

"Kenali karakteristik gempa untuk menyelamatkan diri," tutupnya. (Mcr33/Jpnn)

Kepala Stasiun I Geofisika BMKG Padang Panjang Suadi Ahadi menyebut rentetan gempa di Mentawai bisa memicu guncangan 8.9 magnitudo.

Redaktur : Ade Keno
Reporter : Fachri Hamzah

Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia