Ratusan Warga Mentawai Mengevakuasi Diri ke Tempat yang Lebih Tinggi

Senin, 12 September 2022 – 08:54 WIB
Ratusan Warga Mentawai Mengevakuasi Diri ke Tempat yang Lebih Tinggi - JPNN.com Sumbar
Gempa 6.1 magnitudo di Kabupaten Mentawai pada Minggu (11/9) memicu kepanikan warga setempat. Foto: Tagana Kepulauan Mentawai.

sumbar.jpnn.com, MENTAWAI - Gempa 6.1 magnitudo di Kabupaten Mentawai pada Minggu (11/9) memicu kepanikan warga setempat.

Gempa itu terjadi pada pukul 06.01 WIB. Berdasarkan rekaman data BMKG, pusat gempa berada di 1.18 LS dan 98.53 BT pada kedalaman 10 kilometer.

Selang 14 menit setelah itu, gempa kembali terjadi dengan magnitudo 5.4 di 1.24 Lintang Selatan dan 98.49 Bujur Timur pada kedalaman 11 kilometer.

BMKG menyatakan gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Menurut laporan BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Provinsi Sumbar, gema itu terasa kuat sekitar lima detik di Tuapejat dan 10 detik di Kota Padang.

Warga Mentawai saat ini mengevakuasi diri secara mandiri ke lokasi pengungsian.

Kepala BPBD Mentawai Novriadi mengatakan ada tujuh dusun di Desa Simalegi dan tiga dari dusun Desa Simatalu, Kecamatan Siberut Barat mengungsi ke perbukitan yang lebih tinggi.

Tindakan itu sama seperti gema 6.4 magnitudo yang terjadi pada Senin (29/8).

Gempa 6.1 magnitudo di Kabupaten Mentawai pada Minggu (11/9) memicu kepanikan warga setempat.
Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News