Biki Wabihamdika Seniman Solok Menghadirkan Karya Seni Kolase di PKD 2022

Rabu, 05 Oktober 2022 – 21:18 WIB
Biki Wabihamdika Seniman Solok Menghadirkan Karya Seni Kolase di PKD 2022 - JPNN.com Sumbar
Beberapa pengunjung PKD Sumbar 2022 sedang melihat karya dari Biki Wabihamdika. Foto: Fachri Hamzah/jpnn.

sumbar.jpnn.com, PADANG - Biki Wabihamdika, seorang seniman asal Kota Solok yang terpilih menampilkan karyanya di Galeri Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Sumatera Barat 2022.

Berkolaborasi dengan Anggraeni Widhiasih, seniman berbasis visual grafis, Biki menghadirkan sebuah karya seni grafis dengan teknik kolase.

"Secara umum, kolase adalah karya seni rupa yang dibuat dengan cara menempelkan bahan apa saja ke dalam satu komposisi yang serasi sehingga menjadi sebuah karya. Teknik ini sebenarnya sudah di mulai sejak perang dunia kedua, sebagai gerakan anti perang," jelas Biki.

Dia bercerita karya yang dipamerkan di PKD 2022 ini sudah dimulainya sejak tahun 2009 dengan sebuah riset.

"Karya kali ini, kami ingin menampilkan sebuah kesenian yang merespon fenomena-fenomena yang ada di masyarakat," ujarnya.

Lanjut Biki, karya kali ini diberi nama dengan Anyaman Berbunyi yang terinspirasi dari lagu kurati mendaki asal Pariaman.

"Inspirasinya dari lagu gendang tambua kurati mandaki. Lagu tersebut kan juga terinspirasi dari bunyi kerata api mendaki. Jadi disini kami ingin menghadirkan sebuah karya seni yang terinspirasi dari fenomena masyarakat, " jelasnya.

Karya ini prosesnya dimulai dengan mendata dan mencari arsip-arsip kereta yang berhubungan dengan jalur dagang yang ada di Sumatera Barat.

Biki Wabihamdika, seorang seniman asal Kota Solok yang terpilih menampilkan karyanya di Galeri Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Sumatera Barat 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia