Estimasi Perputaran Uang dari Sektor Pariwisata Sumbar Mencapai Rp 7,95 Triliun

Kamis, 23 November 2023 – 07:06 WIB
Estimasi Perputaran Uang dari Sektor Pariwisata Sumbar Mencapai Rp 7,95 Triliun - JPNN.com Sumbar
Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budiana. Foto: Antara

sumbar.jpnn.com, PADANG - Perputaran uang sektor pariwisata Sumbar diperkirakan mencapai Rp 7,95 triliun pada 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda mengatakan perkiraan itu diambil dari estimasi kunjungan wisatawan dengan target 8,2 juta orang.

Luhur mengaku perkiraan perputaran uang itu bisa dipertanggungjawabkan karena sudah dikaji tim peneliti dari Universitas Andalas (Unand).

"Menurut penelitian mereka, pengeluaran wisatawan nusantara di Sumbar mencapai Rp 1.339.019 per orang dengan lama kunjungan 1,8 hari. Untuk mancanegara jumlah pengeluaran mencapai Rp 9.321.328 per orang," kata Luhur.

Dia menilai penelitian itu menunjukkan sektor pariwisata terus tumbuh dan berpotensi menjadi lokomotif perekonomian daerah.

Demi menjaga potensi itu, lanjutnya, Dinas Pariwisata Sumbar dan pemangku lainnya akan melakukan pengelolaan maksimal agar hasil yang diberikan benar-benar terasa oleh masyarakat.

Sebelumnya, Sumbar gencar menggelar kegiatan pariwisata di antaranya Visit Beautiful West Sumatera untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Kabupaten dan kota di Sumbar juga aktif menyelenggarakan iven untuk memperbanyak jumlah kunjungan. (antara/jpnn)

Sektor pariwisata berpotensi menjadi lokomotif perekonomian di Sumbar

Redaktur & Reporter : Ade Keno

Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News