Enam Butir Imbauan Majelis Rektor Menjelang Pilpres 2024

Kamis, 08 Februari 2024 – 08:26 WIB
Enam Butir Imbauan Majelis Rektor Menjelang Pilpres 2024 - JPNN.com Sumbar
Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) mengeluarkan enam butir imbauan untuk Pilpres 2024. Foto: Antara

sumbar.jpnn.com, PADANG - Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) mengimbau seluruh kampus menjaga dan memelihara kondisifitas kehidupan berbangsa dan bernegara dalam menghadapi Pilpres dan Pileg 2024.

Ketua MRPTNI Ganefri mengatakan ada enam butir imbauan dalam rapat majelis rektor.

Butir pertama, perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan tinggi memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga netralitas dan imparsialitas terhadap kontestasi Pemilu 2024.

Perguruan tinggi harus memelihara kondisifitas dan semangat demokrasi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Butir kedua, perguruan tinggi senantiasa menjadi lembaga kontrol sosial melalui mimbar akademik yang bermartabat, menjunjung tinggi kebabasan berpendapat melalui mimbar aspirasi yang etik, santun, dan bertanggung jawab.

"Di butir ketiga, perguruan tinggi harus menjunjung integritas dan etika akademik dengan bersiap terbuka, menggunakan data dan informasi yang benar serta objektif. Perguruan tinggi juga harus menghindari opini tak berdasar, memaksakan kehendak, apalagi menghasut," kata Ganefri di UNP, Padang.

Pada butir keempat, segala bentuk perbedaan pendapat atau sikap politik tetap berada dalam koridor negara hukum berdasarkan konstitusi dan peraturan perundang-undangan yang dilandasi semangat persaudaraan di atas seluruh elemen bangsa.

Di butir kelima, seluruh elemen bangsa berpartisipasi aktif mendukung kelancaran seluruh tahapan proses Pemilu 2024 sehingga tercipta suasana yang berintegritas dan melahirkan pemimpin yang mampu mewujudkan masa depan bangsa yang adil, makmur, berdaulat, serta bermartabat sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa.

Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) mengeluarkan enam butir imbauan untuk Pilpres 2024
Facebook JPNN.com Sumbar Twitter JPNN.com Sumbar Pinterest JPNN.com Sumbar Linkedin JPNN.com Sumbar Flipboard JPNN.com Sumbar Line JPNN.com Sumbar JPNN.com Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumbar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia